Sunday, April 30, 2017

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


8 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


Peran touchpad sangat penting ketika anda beraktifitas menggunakan laptop anda diluar ruangan atau anda memanglah seorang desainer grafik yang membutuhkan ketelitian tangan ketika menggambar di komputer. Kadang - kala peran touchpad juga tidak diperlukan juga untuk aktifitas tertentu yang membutuhkan kecepatan dalam gerakan kursor, seperti bermain game.

Pada saat tertentu, kadang touchpad mengalami masalah seperti macet, tidak berfungsi sampai bergerak sendiri. Hal ini disebabkan oleh sebab sebagai berikut.

  • Laptop terkena serangan virus
  • Touchpad kotor karena terkena debu / noda
  • Touchpad terkena minyak keringat
  • Driver touchpad hilang atau belum terinstal
  • Kesalahan settingan pada program touchpad
  • Hardware touchpad telah rusak

Jika hardware anda belum dipastikan mengalami kerusakan pada hardware, tentunya anda tidak perlu khawatir untuk mengembalikannya menjadi normal seperti sediakala. Namun bila hardware touchpad sudah terkena imbasnya, maka satu - satunya cara yaitu membeli mouse, touchpad internal ataupun touchpad external. Untuk mengatasi masalah touchpad selain kerusakan pada hardware, yaitu :

1. Scanning Dengan Software Antivirus

Virus / malware memang menimbulkan dampak signifikan pada hardware, baik internal maupun eksternal. Biasanya virus mengacaukan program sistem, sehingga berbagai hardware tidak dapat berjalan dengan maksimal. Contohnya yang terjadi pada kasus touchpad yakni kursor tidak dapat bergerak atau kursor bergerak sendiri.

Sebagai solusinya ialah mengunduh antivirus untuk menghilangkan virus tersebut serta mencegah datangnya malware lain dikemudian hari. Penulis menyarankan antivirus yang perlu anda gunakan yakni  AVAST, Esset, Kapersky, Bit defender atau memakai Microsoft Security Essential sebagai antivirus utama. Dan yang kedua yaitu antivirus Smadav, meskipun tidak pantas disebut antivirus utama, namun efektif sebagai antivirus pendamping serta program untuk memperbaiki registry.

2. Bersihkan Registry Sampah Dengan Software Tune Up

Sistem pada komputer atau laptop perlulah dijaga agar lancar untuk digunakan ketika beraktifitas di laptop maupun komputer. Sistem yang tidak baik akan menimbulkan masalah lain, baik dari segi software maupun hardware, salah satunya touchpad.

Untuk menjaga sistem agar berjalan lancar dan ringan, maka anda memerlukan sebuah software agar anda tidak kesusahan dalam mengaturnya. Software yang saya maksud disini software tuneup, contohnya CCleaner, AVG tuneup Utilities maupun Norton Utilies, Software ini berfungsi untuk membuang file dan registry sampah serta memperbaiki registry dan sistem yang rusak.

3. Download Driver Touchpad Di Situs Resmi

Dell

No comments: